Kamis, 07 Maret 2013

Cara Lain Terbebas dari Komedo


wanita korea cantik Kim-Tae-Hee
SELAIN jerawat, komedo merupakan salah satu musuh bagi perempuan. Keberadaan komedo bukan tidak mungkin akan membuat riasan wajah menjadi kurang optimal. Ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo yang membandel. Seperti beberapa tips berikut ini.


 
1. Gunakan scrub yang baik
Untuk menghilangkan komedo, penting untuk menghapus lapisan sel kulit mati. Sel kulit mati adalah penyebab komedo yang menumpuk. Bersihkan wajah dengan scrub dengan cara menggosoknya perlahan.

2. Uap air panas
Uap air panas bisa membantu pori-pori wajah terbuka. Dengan demikian, komedo bisa lebih mudah dihilangkan. Cara lain, Anda bisa menepuk-nepukkan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian gosok secara perlahan agar komedo terangkat.

3. Jaga kebersihan wajah
Mencuci wajah dengan sabun khusus muka sebaiknya dilakukan dua kali saja dalam sehari. Mencuci wajah terlalu sering, terlebih jika menggunakan sabun wajah berbahan kimia keras, atau scrub, akan merusak kelembapan alami kulit dan justru mengiritasi kulit.

4. Ekstraktor komedo
Komedo dapat dikeluarkan secara rutin menggunakan alat khusus (ekstraktor komedo). Cara ini memang harus dilakukan berulang kali untuk menjaga wajah tetap bersih dari komedo, misalnya tiap minggu atau tiap bulan. Pastikan alat dalam keadaan steril dan pori-pori wajah telah terbuka sebelumnya, misalnya dengan menguapi wajah terlebih dengan uap air panas atau setelah diuap dengan cara kepala ditundukkan di wadah berisi air panas dan  ditutupi handuk agar uap menuju wajah.

5. Gunakan pelembap bebas minyak
Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat atau komedo, maka Anda harus menggunakan pelembap bebas minyak. Pastikan semua produk kecantikan yang Anda gunakan berbahan dasar air. Ini akan mengurangi bertambahnya komedo. (Magforwomen/Nana Febrina/Eno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar