Selasa, 26 Februari 2013

BELAJAR PHOTOSHOP

Tutorial Photoshop: Mempercantik Bibir dengan Lipgloss


Setelah mengetahui trik rahasia pengaplikasian lipstik pada bibir menggunakan Photoshop, kini mengaplikasikan lipgloss melalui software yang sama pun bukan rahasia lagi. Lipgloss merupakan perona bibir dengan kandungan mineral yang dominan sehingga dapat memberikan efek bibir lebih berisi serta pantulan cahaya sehingga bibir tampak mengkilat atau glossy. Dengan berbekal Adobe Photoshop, kini bibir dengan lipstik matte (tidak mengkilat) atau tanpa lipstik sekalipun bisa tampak seperti dipulas lipgloss. Ikuti langkah-langkah berikut ini:


Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klik Duplicate Layer. Sebelumnya, disarankan untuk mempelajari trik pemberian warna pada bibir di sini, bisa menggunakan Color Balance maupun dengan menuangkan warna ke dalam seleksi. Zoom in foto dan mulai beri warna bibir sesuai keinginan.
Color
Color
Pengaplikasian lipgloss umumnya menggunakan kuas yang sudah disertakan, sehingga hasilnya akan tampak rapi di bibir. Oleh karena itu saat mewarnai, jangan sampai ada warna yang meluber keluar garis bibir. Kalaupun garis bibir tidak rapi, gunakan Clone Stamp Tool untuk merapikannya. Untuk efek bibir penuh dan mempertegas garis bibir, gunakan warna satu tone lebih tua dari warna bibir yang digunakan. Buat layer baru dan beri nama “Dark”. Kemudian buat garis mengelilingi bibir dengan menggunakan Brush Tool jenis kuas Soft Round berukuran kecil. Kemudian ubah Blending menjadi Multiply, ubah Opacity menjadi 70% dan klik Filter > Blur > Gaussian Blur (geser parameter hingga 5-6 piksel atau sampai warna menyatu dengan warna di bawahnya).
Dark Shadow
Dark Shadow
Sekarang untuk membuat efek mengkilat atau glossy, langkah yang harus ditempuh cukup mudah. Cermati pantulan cahaya yang ada (perhatikan bayang-bayang putih di bibir). Buat layer baru, klik Brush Tool dan pilih jenis kuas Soft Round berukuran 4-5 piksel (kecil). Pilih warna putih pada tab Swatch lalu warnai bayang-bayang putih yang ada di bibir dengan mengikuti bentuknya.
03-light
Ubah Opacity menjadi 70% dan lihat hasilnya. Apabila hasil editan sudah dianggap cukup, jangan lupa untuk menyimpannya (save as) ke dalam file .JPEG.
Hasil Akhir Lipgloss
Hasil Akhir Lipgloss

Penutup

Pada beberapa foto efek mengkilat bisa jadi berada di kedua belahan bibir. Oleh karena itu, sebelum membuat kilatan perhatikan bayang-bayang cahaya alami yang sudah ada pada. Bayang-bayang tersebut akan membantu menampilkan efek mengkilat yang lebih natural. Selamat mencoba! :)

Sumber : bisakomputer.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar